Senin, 18 Juni 2012

Pencabutan PKP

Pengusaha Kena Pajak Dicabut/Diberhentikan dalam hal:

  1. PKP pindah alamat;
  2. WP Badan yang telah dibubarkan secara resmi;
  3. PKP lainnya yang tidak memenuhi syarat lagi sebagai PKP.
Tata Cara Penyelesaian Pencabutan PKP 
1.  Wajib  Pajak mengajukan  berkas  pencabutan  Pengukuhan  Pengusaha  Kena  Pajak 
dengan  menggunakan  Formulir  Pendaftaran  dan  Perubahan  Data  Wajib  Pajak 
beserta persyaratannya. 
2.  Petugas  Tempat  Pelayanan  Terpadu  menerima  Formulir  Pendaftaran  dan 
Perubahan  Data  Wajib  Pajak  kemudian  meneliti  kelengkapan  persyaratannya. 
Dalam  hal  berkas  pencabutan  belum  lengkap,  berkas  pencabutan  dikembalikan 
kepada  Wajib  Pajak  untuk  dilengkapi.  Dalam  hal  berkas  pencabutan  sudah 
lengkap, Petugas  Tempat Pelayanan Terpadu  akan mencetak BPS dan  LPAD. BPS 
akan diserahkan  kepada Wajib Pajak  sedangkan  LPAD  akan digabungkan dengan 
berkas  pencabutan  kemudian  diteruskan  kepada  Seksi  Pemeriksaan  untuk 
diproses dalam SOP Pemeriksaan. 
3.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan menerima  dan merekam  Laporan  Hasil  Pemeriksaan, 
mencetak  Surat  Pencabutan  Surat  Pengukuhan  Pengusaha  Kena  Pajak  (SPPKP), 
dan selanjutnya diteruskan kepada Kepala Seksi Pelayanan untuk ditandatangani. 
4.  Kepala  Seksi  Pelayanan  menadatangani  Surat  Pencabutan  Surat  Pengukuhan 
Pengusaha  Kena  Pajak  (SPPKP)  kemudian mengembalikannya  kepada  Pelaksana 
Seksi Pelayanan. 
5.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dokumen  yang  telah  ditandatangani, 
memberi nomor, memberi stempel kantor, memisahkan dokumen untuk arsip dan 
dokumen yang akan diserahkan kepada Wajib Pajak.  
6.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mengarsipkan  dan  menyerahkan  dokumen  kepada 
Wajib Pajak melalui Subbagian Umum (SOP Penyampaian Dokumen di KPP). 
7.  Proses selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar