Senin, 18 Juni 2012

Tata Cara Pemindahan Pengusaha Kena Pajak


Tata Cara Pemindahan Pengusaha Kena Pajak
Peraturan DIRJEN PAJAK NO-44/PJ/2008

Pasal 6
1.Dalam hal Wajib Pajak terdaftar dan/atau PKP terdaftar pindah tempat tinggal atau tempat   kedudukan dan/atau tempat kegiatan usaha ke wilayah kerja KPP lain, Wajib Pajak dan/atau PKP wajib mengajukan permohonan pindah ke KPP Lama atau KPP Baru dengan mengisi Formulir Perubahan Data dan Wajib Pajak Pindah dan/atau Formulir Perubahan Data dan PKP Pindah.
2.Berdasarkan permohonan sebagaimana dimaksud pada ayat (1):
  a.KPP Lama wajib menerbitkan Surat Pindah untuk disampaikan kepada Wajib Pajak dan ditembuskan ke KPP Baru; atau
  b.KPP Baru meneruskan permohonan pindah ke KPP Lama sebagai dasar penerbitan Surat Pindah, paling lama 1 (satu) hari kerja terhitung sejak permohonan diterima secara lengkap.
3.KPP Baru wajib menerbitkan Kartu NPWP dan SKT dan/atau SPPKP paling lama 1 (satu) hari kerja terhitung sejak diterimanya Surat Pindah dari KPP Lama dan ditembuskan ke KPP Lama.
4.KPP Lama menerbitkan Surat Pencabutan SKT, Surat Penghapusan NPWP, dan/atau Surat Pencabutan SPPKP paling lama 1 (satu) hari kerja terhitung sejak diterimanya tembusan Kartu NPWP dan SKT dan/atau SPPKP dari KPP Baru.

Tata Cara Penyelesaian Pemindahan PKP di KPP Lama 
Dalam hal Surat Pernyataan Pindah diajukan melalui Kantor Pelayanan Pajak Lama 
1.  Wajib  Pajak  mengajukan  berkas  permohonan  pemindahan Wajib  Pajak  dengan 
menggunakan  Formulir  Permohonan  Pendaftaran  dan  Perubahan  Data  Wajib 
Pajak beserta persyaratannya. 
2.  Petugas  Tempat  Pelayanan  Terpadu  menerima  Formulir  Pendaftaran  dan 
Perubahan  Data  Wajib  Pajak  kemudian  meneliti  kelengkapan  persyaratannya. 
Dalam  hal  berkas  permohonan  belum  lengkap,  dihimbau  kepada  Wajib  Pajak 
untuk  melengkapinya.  Dalam  hal  berkas  permohonan  sudah  lengkap,  Petugas 
Tempat  Pelayanan  Terpadu  akan mencetak  BPS  dan  LPAD.  BPS  akan  diserahkan 
kepada  Wajib  Pajak  sedangkan  LPAD  akan  digabungkan  dengan  berkas 
permohonan  kemudian  diteruskan  kepada  Penata  Usaha  Tempat  Pelayanan 
Terpadu dan Penerbitan Produk Hukum. 
3.  Pelaksana Seksi Pelayanan merekam berkas permohonan Wajib Pajak. 
4.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mencetak  konsep  Surat  Pindah  kemudian 
menyerahkannya kepada Kepala Seksi Pelayanan. Surat Pindah ini dicetak rangkap 
dua : 
Lembar ke‐1   : untuk Wajib Pajak 
Lembar ke‐2   : untuk arsip Kantor Pelayanan Pajak 
5.  Kepala Seksi Pelayanan menandatangani Surat Pindah kemudian menyerahkannya 
kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
6.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dokumen  yang  telah  ditandatangani, 
memberi nomor, memberi stempel kantor, memisahkan dokumen untuk arsip dan 
dokumen yang akan diserahkan kepada Wajib Pajak.  
7.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mengarsipkan  dan  menyerahkan  dokumen  kepada 
Wajib Pajak melalui  Subbagian Umum  (SOP  Tata Cara Penyampaian Dokumen di 
KPP). 
8.  Proses selesai. Wajib Pajak akan menyerahkan Surat Pindah ke Kantor Pelayanan 
Pajak baru. 
9.  Proses selanjutnya akan dilakukan pada SOP Tata Cara Penyelesaian Pemindahan 
Pengusaha Kena Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Baru. 
10.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dan  merekam  faximili  Surat  Pengukuhan 
Pengusaha Kena Pajak. 
11.  Pelaksana Seksi Pelayanan  mencetak konsep Surat Pencabutan Surat Pengukuhan 
Pengusaha  Kena  Pajak  kemudian  menyerahkannyan  kepada  Kepala  Seksi 
Pelayanan.  Surat  Pencabutan  Surat  Pengukuhan  Pengusaha  Kena  Pajak  dicetak 
dalam rangkap dua : 
Lembar ke‐1   : untuk Wajib Pajak 
Lembar ke‐2   : untuk arsip Kantor Pelayanan Pajak   
12.  Kepala  Seksi  Pelayanan  menandatangani  Surat  Pencabutan  Surat  Pengukuhan 
Pengusaha Kena Pajak. 
13.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dokumen  yang  telah  ditandatangani, 
memberi nomor, memberi stempel kantor, memisahkan dokumen untuk arsip dan 
dokumen yang akan diserahkan kepada Wajib Pajak.  
14.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan mengarsipkan  dan menyerahkan  dokumen  yang  akan 
diserahkan ke Wajib Pajak melalui Subbagian Umum (SOP Tata Cara Penyampaian 
Dokumen  di  KPP).  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  juga  akan mengirim  berkas Wajib 
Pajak dan  Surat Pencabutan  Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak  ke Kantor 
Pelayanan  Pajak  baru  melalui  Subbagian  Umum  (SOP  Tata  Cara  Penyampaian 
Dokumen di KPP). 
15.  Proses selesai. 
Dalam hal Surat Pernyataan Pindah diajukan melalui Kantor Pelayanan Pajak Baru 
1.  Petugas  Tempat  Pelayanan  Terpadu  menerima  faximili  Surat  Pemberitahuan 
Pernyataan Pindah dari Kantor Pelayanan Pajak baru, mencetak Bukti Penerimaan 
Surat  dan  Lembar  Pengawasan  Arus  Dokumen  kemudian  meneruskannya  ke 
Pelaksana Seksi Pelayanan. 
2.  Pelaksana Seksi Pelayanan merekam Surat Pemberitahuan Pernyataan Pindah. 
3.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  mencetak  konsep  Surat  Pindah  kemudian 
menyerahkannya kepada Kepala Seksi Pelayanan. Surat Pindah ini dicetak rangkap 
dua : 
Lembar ke‐1   : untuk Wajib Pajak 
Lembar ke‐2   : untuk arsip Kantor Pelayanan Pajak  
4.  Kepala Seksi Pelayanan menandatangani Surat Pindah kemudian menyerahkannya 
kepada Pelaksana Seksi Pelayanan. 
5.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dokumen  yang  telah  ditandatangani, 
memberi nomor, memberi stempel kantor, memisahkan dokumen untuk arsip dan 
dokumen yang akan diserahkan kepada Wajib Pajak.  
6.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan mengarsipkan  dan menyerahkan  dokumen  yang  akan 
diserahkan ke Wajib Pajak melalui Subbagian Umum (SOP Tata Cara Penyampaian 
Dokumen  di  KPP).  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  juga  harus mengirim  faximili  Surat 
Pindah ke Kantor Pelayanan Pajak baru. 
7.  Proses  selesai.  Faximili  Surat  Pindah  akan  diproses  dalam  SOP  Pemindahan 
Pengusaha Kena Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Baru. 
8.  Proses selanjutnya akan dilakukan pada SOP Pemindahan Pengusaha Kena Pajak di 
Kantor Pelayanan Pajak Baru. 
9.  Pelaksana Seksi Pelayanan menerima  faximili Surat Pengukuhan Pengusaha Kena 
Pajak  dari  Kantor  Pelayanan  Pajak  baru  kemudian  mencetak  Surat  Pencabutan 
Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak.  
10.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menyerahkan  konsep  Surat  Pencabutan  Surat 
Pengukuhan  Pengusaha  Kena  Pajak  kepada  Kepala  Seksi  Pelayanan.  Surat 
Pencabutan Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak ini dicetak rangkap dua : 
11.  Lembar ke‐1   : untuk Wajib Pajak 
12.  Lembar ke‐2   : untuk arsip Kantor Pelayanan Pajak 
13.  Kepala  Seksi  Pelayanan  menandatangani  Surat  Pencabutan  Surat  Pengukuhan 
Pengusaha  Kena  Pajak  kemudian  menyerahkannya  kepada  Pelaksana  Seksi 
Pelayanan. 
14.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  menerima  dokumen  yang  telah  ditandatangani, 
memberi nomor, memberi stempel kantor, memisahkan dokumen untuk arsip dan 
dokumen yang akan diserahkan kepada Wajib Pajak.  
15.  Pelaksana  Seksi  Pelayanan mengarsipkan  dan menyerahkan  dokumen  yang  akan 
diserahkan ke Wajib Pajak melalui Subbagian Umum (SOP Tata Cara Penyampaian 
Dokumen  di  KPP).  Pelaksana  Seksi  Pelayanan  juga  akan mengirim  berkas Wajib 
Pajak dan  Surat Pencabutan  Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak  ke Kantor 
Pelayanan  Pajak  baru  melalui  Subbagian  Umum  (SOP  Tata  Cara  Penyampaian 
Dokumen di KPP). 
16.  Proses selesai. 


Sumber:http://www.pajak.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar